Pastry dan Cake pilih mana?

 

 

Jadi pilih mana antara pastry dan cake/kue?
apakah itu pastry dan cake? pada dasar nya kedua nya itu sama sama roti yang di panggang. jadi apa yang menjadi pembeda antara kedua pilihan tersebut? Apa sih yang menjadi pembeda antara kedua pilihan tersebut kue pastry atau kue cake? pada dasar nya kedua pilihan tersebut adalah kue yang cara pembuatan nya hampir sama dengan cara di panggang/bake akan tetapi dalam kue tart/cake ada yang dibuat dengan cara di bekukan atau frosting hehe.

menurut  salah satu halaman artikel di pencarian om gugel mengatakan kalau kue pastry adalah kue kering yang terbuat dari “Adonan atau pasta yang terutama terdiri dari tepung, air, dan mentega yang dipanggang dan sering digunakan sebagai kerak untuk makanan seperti pai dan tart”

 sedangkan kue cake atau kue tart adalah kue yang biasa digunakan atau dipakai sebagai hidangan penutup karena memiliki citra rasa yang manis tapi ini hanya berlaku di restoran yang menjunjung tinggi etika dalam makan atau tata cara dalam makan. Nah menurut artikel dari pencarian om gugel lagi “what’s cake?” adalah ” Cake atau kue tart pada dasarnya dessert atau makanan penutup yang di bake atau di panggang, dianggap sebagai modifikasi roti. Bisa dengan atau tanpa jenis icing, topping atau frosting. Dapat dilapis, sebanyak mungkin dan hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran”.

jadi, sudah tau kan apa yang menjadi pembeda menurut pengertian di atas? jadi, sudah bisa kan menentukan pilihan mau bikin kue tart/cake atau kue pastry. nah untuk yang belum tau tata cara pembuatan kue pastry nih saya kasih tau walaupun juga mengambil dari pak gugel. berikut resep pastry nya.

bahan/ingredients:

  • 500 gr tepung terigu (saya cakra kembar)
  • 250 gr korsvet
  • 1 sendok makan gula
  • 1 sendok teh garam
  • 250 ml air dingin
  • 50 gr mentega/margarin
  • Gunting
  • Kantong plastik bening ukuran 1kg
  • Plastic wrap (jika ada)
  • Rolling wood/untuk memipihkan adonan

 

Step!
Siapkan korsvet dan masukkan kedalam plastik bening ukuran 1kg, kemudian pipihkan. Setelah di pipihkan, apabila korsvet terlalu lembut masukkan korsvet kedalam lemari es selama 15menit.
Siapkan media untuk memipihkan adonan (saya memakai marmer). Lumuri media dengan tepung terlebih dahulu agar tidak lengket saat adonan di pipihkan.
Buka adonan korsvet dari plastik dengan cara digunting agar tidak merusak bentuk korsvet nya.
Pipihkan adonan yang sudah kalis dan sesuaikan besarnya dengan lebar korsvet. Lebar adonan harus lebih besar dari korsvet ya.
Tutup korsvet dengan adonan sampai semua permukaan korsvet tertutup rapi.
Pipihkan adonan hingga membentuk persegi panjang. Jangan lupa adonannya di oles tepung sedikit ya biar ga lengket saat di pipihkan. Dan gilasnya pelan2 aja biar adonan ga bocor ke korsvet, andaikata bocor sedikit terusin aja gpp.
Lipat adonan menjadi lipatan double seperti di foto. Kemudian kembali gilas di pipihkan dan ulangi langkah 8 dan 9.
Gilas kembali adonan yang telah di lipat double 2x sehingga membentuk persegi panjang kembali. Dan lipat adonan single. Ulangi langkah ini 2x.
Kembali pipihkan adonan. Dan adonan siap digunakan pada tahap ini. Pada tahap ini adonan bisa di pipihkan sampai tipis atau tidak terlalu tipis.
Potong adonan menjadi 2 bagian atau 3-4 bagian sesuai kebutuhan. (Saya menjadi 2 karena akan digunakan untuk pie besar)
Adonan pastry ini dapat di simpan di dalam freezer beku dengan cara di wrap atau di masukkan kedalam plastik. Untuk suatu saat digunakan kembali.
Jika ingin menggunakan adonan yang berada di freezer diamkan terlebih dahulu adonan 15-30menit yah. Adonan siap digunakan kembali.
Tips : sebaiknya panaskan pemanggang/oven terlebih dahulu, jika sudah panas baru masukkan pastrynya agar ga bantet.
sumber: resep puff pastry nya

untuk resep kue tart nya nanti yah menyusul…

 

 

 

 

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *