walang goreng ekstrim

Walang goreng ekstrim kuliner berprotein tinggi khas Gunung Kidul

Walang Selain dapat di olah menjadi makanan yang lezat gurih dan bergizi, walang goreng khas Gunung Kidul nan bergizi ini bisa dapat sebagai pengganti protein hewani dan nabati. akan tetapi ke ekstrem an nya ini makanan yang menjadi unik. ingin mencoba?

Gunung kidul yang naik daun berkat pantai putih nya ini juga ternyata menambah perbendaharaan makanan khas tersendiri yang cukup unik, yaitu walang goreng. walaupun belom se-terkenal gudeg jogja akan tetapi makanan khas gunung kidul ini mulai mencuri perhatian saking sering nya dan banyak nya warga yang mengolah belalang menjadi lauk yang lezat.

walang yang dalam bahasa indonesia nya berarti belalang, sudah menjadi makanan sehari-hari warga Gunung Kidul. belalang yang merupakan hama bagi tanaman, dan salah satu penyebab dari gagal panen nya para petani ini, ternyata hewan yang kaya akan protein nya. Terlebihlagi, kandungan gizi nya yang tidak kalah juga dibanding sumber protein lainya seperti protein hewani dari sapi atau nabati dari tumbuhan. untuk rasa dari walang goreng ini cukup unik dikarenakan mirip dengan udang goreng.

Olahan belalang goreng pohon jati

belalalng yang di olah oleh awrga adalah belalang jenis belalang kayu. biasanya penduduk mengolah belalang goreng menjadi beberapa varian yaitu gurih,pedas, dan manis. untuk mengolah walang goreng menjadi lauk yang lezat rupanya tidak terlalu rumit, bumbu yang digunakan cukup sederhana, yaitu ketumbar,garam dan bawang putih. tinggal tambahkan beberapa cabai untuk mendapatkan rasa pedas.

belalang yang lebih banyak ditemukan ketika musim penghujan yang membuat harga belalang goreng ini dalam kemasan toples di musim penghujan lebih murah dari pada harga pada musim kemarau yakni sekitar 30k pada musmim kemarau dan hujan sekitaran 20k.

olahan belalang goreng ini dapat bertahan kurang lebih hingga satu bulan. jadi cocok yah untuk para pejuang rantau atau anak kosan karena ini belalang goreng bisa dijadikan camilan ataupun lauk.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *